Breaking News
Join This Site
Puluhan siswa SMA/Ma di Aceh dan Sumatera Utara Ikut Kegiatan Jejak Tradisi Daerah (JETRADA)

Puluhan siswa SMA/Ma di Aceh dan Sumatera Utara Ikut Kegiatan Jejak Tradisi Daerah (JETRADA)

NANGGROENEWS.COM,Bireuen- Kegiatan Jejak Tradisi Daerah (Jetrada) Tahun 2018 yang dilaksanakan oleh BNPB Aceh bekerja sama dengan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bireuen. Acara ini dilaksanakan di Aula Lama Setdakab Kabupaten Bireuen, dengan tema “ Etnografi Digital : belajar Tradisi, memanfaatkan tekhnologi”., selasa malam (27/3/2018).
Acara ini dihadiri dari 70 peserta, terdiri dari 54 siswa dan 7 guru pendamping SMA/MA yang mewakili provinsi Aceh dan Sumatera Utara, 2 budayawan dan dua blogger.
Sekda ir Zulkifli dalam sambutannya mengatakan “ kegiatan ini sangat penting untuk memperkenalkan tradisi-tradisi daerah yang ada sehingga generasi muda agar terus menerus mempertahankan budaya yang ada”.
Di era groballisasi ini, salah satu hal negative yang timbul adalah mulai hilangnya budaya dan tradisi daerah diganti dengan budaya dan tradisi modern. Karena itu, kegiatan seperti ini harus dilaksanakan”, harap zulkifli.

Kegiatan ini dilaksanakan setiap tahunnya dengan wilayah yang berbeda di wilayah Aceh dan Sumatera Utara. Pada tahun 2018, kabupaten Bireuen terpilih sebagai tuan rumah dari kegiatan ini. Karena geliat tradisi tak hanya bertahan akan tetapi juga mengalami perkembangan, Ujar Irini Dewi Wanti,S.S., M. Sp selaku Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Aceh (BPNB) pada kata sambutannya.
Pada pembukaan Jentrada tersebut diawali dengan penampilan Seudati dari sanggar Syeh Dan dan ditutup Rabbani Waheed dari sanggar Seulanga, sehingga peserta sangat lebih antusias untuk mengikuti acara. (MK)